PATROLI-SUKABUMI–Setelah pelaksanaan assesment atau uji kompetensi telah berhasil dan didapat kandidat urutan dari pejabat eselon II.B dilingkup Pemda Kab-Sukabumi. Diprediksi tidak akan lama lagi atau tepatnya sesudah kegiatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke-153 tanggal 10 September 2023.Pemkab Sukabumi akan melaksanakan penyegaran dilingkup Pemda atau segera merotasi beberapa pejabat struktural,khususnya di tataran pejabat eselon II-B.Hal itu ditandai dengan telah dilaksanakannya assesment atau uji kompetensi bagi 12 pejabat dari 27 eselon II-B yang ada di lingkungan Pemkab Sukabumi.Selanjutnya nanti setelah dilaksanakan rotasi sekitar akhir September atau awal Oktober dan pelantikan para pejabat tersebut, akan nampak 11 dinas atau lembaga eselon II-B yang kosong karena telah memasuki masa purna bhakti atau pensiun.Kemudian 11 kandidat pejabat di bawahnya akan diangkat atau di-Plt-kan untuk memimpinnya.Tidak lama kemudian atau hanya beberapa hari setelahnya.Pihak Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) akan segera mengadakan seleksi terbuka (selter) bagi pejabat Administrator setara eselon III untuk mengisi kekosongan pejabat eselon II-B yang kosong tadi.Andaikan pada Oktober 2023 Pemkab Sukabumi melaksanakan selter yang hanya untuk 11 lembaga yang kosong saja, padahal lama proses selternya paling cepat 2 bulan lebih. Sementara peserta uji kompetensi tadi sebanyak12 orang.
Sepertinya Pemkab Sukabumi, melalui BKPSDM akan tetap
melaksanakan selter bagi 12 pejabat eselon II-B meski H. Asep Japar, Kadis
Pekerjaan Umum (PU) baru akan pensiunannya pada 1 Desember 2023. Atau saat
proses selter selesai,calon Kadis PU sudah ada hasil selter.Maka dengan
demikian, jelang awal tahun 2024,pejabat eselon II-B yang jumlahnya sebanyak 38
orang semuanya telah mengisi jabatan Dinas atau Birokrasi ( SKPD ) yang ada di
Kabupaten Sukabumi.
Seperti diketahui Patroli Sukabumi pada pemberitaan hari rabu
(06/09/2023). Bahwsanya Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, SH.MM,
telah membuka Uji Kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Setingkat Eselon
II.B di lingkungan Pemkab Sukabumi di Hotel Pangrango Salabintana Sukabumi.Kegiatan
tersebut diikuti 12 perangkat dari dinas di antara Asisten Administrasi Umum,
Asisten Ekonomi dan Pembangunan,Kepala Dinas Lingkungan Hidup,Kepala Bapenda,Kadis
Kearsipan dan Perpustakaan,Kadisnakertrans,Kepala Dinas Perkim, Kepala Dinas
Perhubungan, Kadis Kominposan,Kadisbudpora,Kadis KB dan Pengendalian Penduduk
serta Kalak BPBD.Tujuannya untuk mengukur kompetensi masing-masing pejabat
tinggi pratama setingkat Eselon Il-B.Di samping itu sebagai barometer serta
parameter salah satu syarat untuk melaksanakan mutasi antar Pejabat Pimpinan
Tinggi Pratama yang harus melalui tahapan proses uji kompetensi pejabat di
lingkungan Pemkab Sukabumi.Hasil dari pelaksanaan uji kompetensi ini akan
diolah secara langsung oleh tim ahli dari assesor kompetensi serta panitia
seleksi untuk dijadikan bahan pertimbangan Bupati Sukabumi dalam menentukan
kebijakan terkait penempatan jabatan tinggi pratama dilingkungan Pemkab
Sukabumi.*( GUNTA )